Masalah

Dalam hidup, pastilah banyak lika-liku perjalanan hidup yang kita alami. Ada banyak kejadian buruk serta baik yang dilalui. Namun, baik ataupun buruk, semuanya berguna untuk kita. Kejadian-kejadian baik membuat hati kita bahagia, sementara kejadian buruk membuat kita semakin dewasa dan lebih kuat dalam menghadapi esok hari.
Kejadian buruk itu bisa dikatakan juga sebagai masalah. Tiada hari tanpa masalah, bukan? Masalah selalu datang silih berganti. Satu masalah selesai, sebelum kita sempat bernapas lega, datanglah lagi masalah lain. Terkadang kita dibuat kewalahan olehnya, bahkan rasa-rasanya sampai ingin berteriak, "Sampai kapan semua cobaan ini berakhir?"
Jika hal itu menimpa kita, maka ketahuilah kawan, bahwa sesungguhnya Allah tak pernah memberi sebuah cobaan melebihi kemampuan umatnya. Jadi sebenarnya, semakin besar masalah kita, maka itu berarti Allah percaya bahwa kita cukup kuat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hanya saja, terkadang kita terlalu sering mengeluh sehingga lupa untuk mengambil hikmah dari masalah-masalah yang kita alami.
Adanya masalah juga membuat mental kita semakin kuat, dan pribadi kita terus-menerus terkembang, karena dihadapkan dengan berbagai persoalan hidup. Mempunyai masalah juga merupakan salah satu tanda hidup kita, karena hanya para ahli kubur-lah yang tidak lagi mengalami masalah. Mereka hanya menerima balasan dari apa yang telah mereka kerjakan di dunia.
Jangan sampai masalah membuat kita putus asa, bahkan sampai mengalami stres tingkat akut. Memang, terkadang kita sebegitu terbebani oleh beratnya masalah tersebut sampai-sampai kita merasa putus asa dan kehilangan harapan terhadap diri sendiri. Tapi jangan biarkan masalah itu menguasaimu. Cobalah tenangkan pikiran sejenak, dan mencoba untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin, tanpa diganggu oleh pikiran dan kekhawatiran yang tak berujung. Jika cara itu tak berhasil, maka satu-satunya cara adalah dengan berpaling pada Allah. Ambil wudu, shalat sunah dua rakaat, lalu berdoalah seraya meminta petunjuk kepada Allah, niscaya pikiran dan hati akan tenang. Insya Allah dengan cara ini persoalan hidup yang tadinya terlihat susah menjadi mudah, jika kita meminta bantuan pada sang pemilik semesta, Allah swt.

Comments

Popular posts from this blog

A little reflection

On love; I guess

Salah