Persahabatan

Bagi saya, persahabatan itu penting sekali. Karena sahabat adalah salah satu sumber kebahagiaan kita. Ia menemani kita disaat senang maupun sedih, serta tak lupa mengingatkan saat kita berbuat salah. Dalam dunia ini, memang tak ada yang abadi. Namun bagi saya, kasih sayang sejati akan selalu abadi, bahkan tak terpisahkan oleh maut sekalipun. Baik itu kasih sayang keluarga, lawan jenis, dan sahabat. Persahabatan sejati akan selalu abadi.
Secara pribadi, saya tak punya begitu banyak teman akrab. Teman saya memang sedikit, namun mereka tulus menjaga persahabatan dengan saya, disamping saya orangnya memang sedikit pendiam dan agak susah membuka diri terhadap orang lain, apalagi orang yang baru dikenal. Saya sangat bersyukur mempunyai sahabat seperti mereka. Pribadi mereka semua sangat berlainan dengan diri saya, tapi justru itulah yang membuat persahabatan kita unik.
Dalam hidup, seringkali saya telah dikhianati, ditusuk dari belakang oleh orang-orang yang saya kira tulus berteman dengan saya. Tentu, hati saya sakit karenanya. Mungkin karena hal itulah,saya tak bisa bersikap terlalu terbuka, dan saya menjadi agak selektif dalam memilih teman. Namun seiring waktu, saya juga sudah mulai bersikap terbuka pada kesempatan dan teman-teman baru, dan berusaha untuk selalu berprasangka baik pada orang dan menjaga perasaan tulus dalam persahabatan. Dan karena hal itulah, saya pun menganggap persahabatan itu penting sekali. Lebih baik saya mempunyai sedikit sahabat, tapi mereka bersikap tulus pada saya, daripada mempunyai banyak teman, tapi semuanya menjelek-jelekkanku di belakang.
Tentu, dalam persahabatan pastilah ada pasang surut. Saya pun telah beberapa kali mengalami konflik yang kurang mengenakkan dengan sahabat saya, tapi pada akhirnya saya berhasil mengatasinya. Yang namanya persahabatan sejati perlu diperjuangkan. Ada juga beberapa sikap yang saya kurang senangi terhadap sahabat saya, dan terkadang mereka pun juga begitu terhadap saya, tapi untunglah kami berhasil mengatasi semua itu, karena bagaimanapun juga, kami sahabat sampai kapanpun.
Sesungguhnya persahabatan itu teramat indah. Mendapat teman baru memang mudah, namun persahabatan sejati adalah komitmen tanpa akhir yang perlu diperjuangkan bersama-sama. Jangan pernah letih dalam memperjuangkan persahabatan. Karena jika itu berharga, kalian takkan menyerah begitu saja. Dan jika sahabat kalian melakukan kesalahan-kesalahan kecil, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk memutuskan persahabatan. Ingatlah kebaikan-kebaikan yang telah ia lakukan padamu di masa yang telah lalu, dan maafkanlah salahnya. The saddest thing is when best friends turn into strangers. Bersabarlah dengan perilakunya, dan cobalah mengerti keadaannya. Karena jika salah satu dari kalian tak mau mengerti, dan tetap bertahan pada ego masing-masing, pada akhirnya kalian berdua akan menyesalinya. Singkirkan egomu, dan minta maaflah, walaupun kamu tak salah. Karena jika kamu benar-benar menyayanginya, kamu akan memperjuangkan segala hal untuk mempertahankan persahabatan kalian.

Comments

Popular posts from this blog

A little reflection

On love; I guess

Salah